Manfaat Ilmu Kimia di Berbagai Bidang dalam Kehidupan

Manfaat Ilmu Kimia di Berbagai Bidang dalam Kehidupan
Ilmu kimia memiliki peran sangat penting di kehidupan sehari-hari sama halnya dengan ilmu biologi, ilmu kimia berperan sangat penting karena ilmu ini diperlukan di dalam ilmu lainnya dan tidak bisa tergantikan. Banyak contoh manfaat ilmu kimia di kehidupan sehari-hari seperti untuk pembuatan obat-obatan untuk berbagai macam penyakit, cakupan ilmu kimia sangat luas sehingga keterkaitan dengan satu bidang ilmu dengan bidang ilmu lainnya sangat erat. 


Manfaat ilmu kimia sering kali tidak kita sadari keberadaannya maka dari itu saya akan memaparkan beberapa manfaat ilmu kimia bagi kehidupan sehari-hari sebagai berikut:


1. Bidang Kedokteran

Dalam bidang kedokteran ilmu kimia berfungsi membantu menemukan cara interaksi obat terhadap penyakit yang diderita pasien. Pembuatan obat dilakukan dalam cabang kimia farmasi, obat dibuat berdasarkan hasil riset terhadap proses dan reaksi kimia dari bahan-bahan yang berkhasiat serta bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, ilmu kimia juga memberikan kontribusi untuk melakukan penelitian kandungan makanan seperti protein, lipid, dan karbohidrat. Hal ini semakin mempermudah para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosis berbagai penyakit. Interaksi kimia dalam tubuh manusia pada sistem pencernaan, sirkulasi, pernapasan, ekskresi, reproduksi, gerak, hormon, dan saraf dapat mengantarkan penemuan-penemuan dalam bidang farmasi khususnya penemuan obat-obatan. 


2. Bidang Pertanian

Ilmu kimia dalam bidang pertanian dapat berguna untuk memberikan informasi tentang kandungan tanah yang terkait dengan kesuburan tanah, setelah mendapatkan informasi petani diharap bisa menentukan tumbuhan yang tepat untuk ditanam pada lahan pertanian mereka. Ilmu kimia juga berperan untuk pembuatan pupuk agar tanaman dapat mendapatkan zat-zat yang mengalami kekurangan, selain itu petani juga bisa menggunakan pestisida buatan berupa insektisida untuk membasmi serangan hama dan juga mencegah tanaman terjangkit penyakit. 


3. Bidang geologi

Ilmu kimia yang berkaitan dengan bidang geologi adalah penelitian batu-batuan (mineral) dan pertambangan gas serta minyak bumi yang merupakan bahan dasar pembuatan bahan bakat minyak yang kita gunakan sehari-hari. Manfaat ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan dan benda-benda alam. 


4. Bidang Biologi

Dalam bidang biologi ilmu kimia berfungsi sebagai penelitian proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup meliputi pencernaan makanan, metabolisme, pernapasan, fermentasi, dan fotosintesis. Untuk lebih mendalami diperlukan pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa yang terlibat dalam proses-proses tersebut, seperti protein, vitamin, karbohidrat, lemak, enzim, dan asam nukleat. 


5. Bidang Mesin

Ilmu kimia dalam bidang permesinan adalah mempelajari dan melakukan penelitian untuk mengetahui sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin. Mempelajari tentang sifat komposisi bahan bakar dari minyak bumi yang efektif untuk kendaraan. 


6. Bidang Teknik Sipil

Bahan-bahan yang digunakan dalam bidang ini antara lain semen, kayu, cat, paku, besi, pipa, lem, dan baja. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset berdasarkan ilmi kimia, dalam hal ini berguna agar bahan-bahan bangunan tersebut diketahui manfaat kelebihan serta kekurangannya sehingga dapat digunakan untuk membuat bangunan yang berkualitas baik dan memangkas biaya operasional. 


Kesimpulan

Pembahasan di atas hanya memaparkan sebagian manfaat dari ilmu kimia, masih banyak manfaat dari ilmu kimia dalam sehari-hari yang tidak bisa kami sebutkan semuanya. Intinya kehidupan kita juga bergantung dan tidak bisa terlepas dari ilmu kimia. 

Related Posts

Posting Komentar