Manfaat Biologi Bagi Kehidupan Umat Manusia

 

Manfaat Biologi Bagi Kehidupan Umat Manusia

Hampir semua kegiatan manusia sangat dipengaruhi oleh Biologi mulai dari hubungan manusia dengan lingkungan, makanan yang dikonsumsi, serta penyakit yang dapat menyerang manusia. Biologi memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan yang mungkin tidak kita sadari, dengan banyaknya manfaat biologi bagi kehidupan kita harus benar-benar bisa memanfaatkannya agar menjadi suatu hal yang positif. 


Selain itu biologi juga bermanfaat agar manusia memahami tentang dirinya sendiri dan kehidupan disekitarnya, serta manusia dapat meningkatkan kualitas hidup dengan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana untuk memenuhi kebutuhannya. Biologi bermanfaat diberbagai bidang seperti Pertanian, Peternakan, Kedokteran, Lingkungan, dan Industri makanan yang akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut:


1. Manfaat Biologi di Bidang Peternakan

Dalam bidang peternakan ilmu biologi memiliki banyak peran yang sangat penting untuk mendorong sektor peternakan agar lebih modern, berkat perkembangan ilmu anatomi hewan, genetika, fisiologi hewan, dan embriologi manusia dapat menemukan teknik inseminasi buatan untuk meningkatkan kualitas ternak jauh lebih baik. Selain itu, telah dikembangkan teknik fertilisasi in vitro untuk memperoleh spesies unggul. Sebagai contoh sapi betina dapat hamil hanya dengan dilakukan penyuntikan sel sperma kedalam rahim sapi betina tanpa harus ada proses perkawinan terlebih dahulu. 


2. Manfaat Biologi di Bidang Pertanian

Banyak manfaat biologi di bidang pertanian yang sudah kita rasakan sekarang contohnya adanya ilmu genetika telah berhasil diciptakan buah-buahan tanpa biji, misalnya semangka dan pepaya tanpa biji. Selain itu, adanya teknik kultur jaringan yang membuat bibit tanaman dapat dibuat dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat. Selanjutnya berkat perkembangan Bioteknologi Molekuler telah berhasil direkayasa tanaman yang mampu menghasilkan insektisida sendiri. Berkat perkembangan biologi Petani juga dapat meningkatkan produksi pertanian dengan menanam tanaman unggul serta tanaman lebih tahan terhadap serangan penyakit.


3. Manfaat Biologi di Bidang Kedokteran

Dengan perkembangan biologi yang semakin pesat bisa mendorong bidang kedokteran menjadi lebih modern, adanya virologi telah menyumbang pengetahuan dalam menemukan vaksin. Selain itu mikrobiologi juga telah mengidentifikasi beberapa jenis penyakit yang disebabkan bakteri, berkat ilmu anatomi manusia angka keberhasilan operasi menjadi lebih besar karena para dokter sudah mengetahui secara detail anatomi bagian tubuh manusia. 


4. Manfaat Biologi di Bidang Lingkungan

Banyak masalah ekonomi yang teratasi karena ilmu biologi berkembang pesat, sebagai contoh adanya bioteknologi dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak yang saat ini menjadi salah satu penyebab pencemaran yang sulit untuk diatasi, tetapi berkat adanya bio teknologi bahan bakar yang tebuat dari minyak bumi dapat digantikan dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan dapat terbarukan. Selain itu biologi dapat mengatasi pencemaran akibat tumpahan minyak dilautan dengan memanfaatkan bakteri Pseudomonas putida yang mampu menguraikan ikatan hidrokarbon pada minyak bumi. 


5. Manfaat Biologi di Bidang Industri Makanan

Adanya cabang ilmu biologi dapat menghasilkan produk-produk makanan yang kita konsumsi setiap hari. Sebagai contoh, bakteriologi adalah cabang biologi yang berperan untuk pembuatan nata de coco dan youghurt. Pembuatan nata de coco memnfaatkan bakteri Acetobacter xylinum sedangkan youghurt memanfaatkan bakteri Lactobacillus bulgaricus untuk melakukan fermentasi. 


Kesimpulan

Masih banyak manfaat dari ilmu biologi bagi kehidupan sehari-hari yang mungkin masih belum kita sadari, selain itu dengan adanya perkembangan cabang biologi modern akan mengakibatkan banyak dampak positif yang bisa dirasakan manusi apabila dapat memanfaatkannya dengan baik di dalam kehidupan kita sehari-hari. Perkembangan biologi tidak akan pernah habis dan akan semakin modern kedepannya maka dari itu kita harus siap untuk menghadapi perkembangan itu. 

Related Posts

Posting Komentar